Bappeda Aceh Agendakan Monitoring dan Evaluasi Program Penyaluran Bantuan

Bappeda Aceh melalui bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan (PEP) menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan monitoring dan evaluasi bantuan barang/peralatan Pemerintah Aceh. Rapat tersebut dibuka oleh Ir. Alamsyah, MM, Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Aceh, Kamis (20/6/2019), di kantor Bappeda Aceh.

Monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap penyaluran bantuan barang/peralatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Aceh melalui 3 SKPA, yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Sosial Aceh. Pertemuan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai 21 juni 2019.

Menurut Alamsyah, program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh perlu memenuhi kriteria relevan dengan kebutuhan masyarakat dan RPJMA, dilaksanakan secara efektif dan efesien, dan dapat memberikan dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

"Untuk mengetahui relevansi, efektivitas, efisiensi, dampak, dan keberlanjutan penyaluran bantuan barang yang dilaksanakan pada tahun 2018, Bappeda Aceh akan melaksanakan evaluasi terhadap penyaluran bantuan barang," ungkap Alamsyah.

Untuk menjawab permasalahan yang dihadapi, tim evaluasi akan mengumpulkan dan menganalisa data dengan beberapa metode, yaitu: (1) Telaah dokumen perencanaan dan pelaporan kegiatan seperti RPJM dan turunannya, SOTK SKPA, laporan realisasi keuangan dan fisik serta laporan monitoring dan evaluasi oleh SKPA; (2) Wawancara pada pelaksana program serta penerima bantuan; serta (3) Observasi langsung ketempat usaha penerima manfaat bantuan dan perkembangan usaha mereka.

Hadir pada pertemuan tersebut pejabat Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Dinas Sosial Aceh, Tenaga Ahli Bappeda Aceh, Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Tenagakerjaan Bappeda Aceh, UPTB-PDGA Bappeda Aceh dan Tim bidang Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Aceh. (Fadly)