Bappeda Aceh - BI Selenggarakan FGD Kegiatan Strategis RKPA Tahun 2020

Banda Aceh - Bappeda Aceh berkolaborasi bersama BI Perwakilan Aceh menyelenggarakan diskusi terkait Rencana Kerja Pemerintah Aceh tahun 2020 yang fokus kepada sektor-sektor potensial yang dimiliki Provinsi Aceh. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Bank Indonesia Jl. Cut Meutia No. 15 Kp. Baru Kec. Baiturrahman Kota Banda Aceh, Kamis (27/6/2019).

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BI, Zainal Arifin Lubis, merasa sangat terhormat dan berterimakasih karena turut dilibatkan dalam pelaksanaan penyusunan rencana kerja pemerintah Aceh tahun 2020. Ia juga menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir BI sudah melakukan beberapa pilot project terkait beberapa komoditas potensial yang memliiki peluang untuk dikembangkan lebih lanjut pada beberapa lokasi yang sifatnya pilot project.

"Project ini diharapkan dapat menjadi trigger bagi stakeholder lain terutama SKPA dan SKPK dapat diambil lesson learn dan best practice untuk kemudian diterapkan dalam melaksanakan kegiatan yang bersumber dari APBA," ujar Kepala BI.
 
Pertemuan diskusi ini dihadiri oleh beberapa kepala SKPA yaitu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang merupakan perangkat daerah yang dianggap memiliki peran sentral dalam pengendalaian Current Account Deficit (CAD), serta undangan lainnya dari unsur akademisi dan kabupaten/kota.


 
Kepala Bappeda Aceh, Azhari, SE, M.SI dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BI yang membuka diri dan bersinergi dengan berbagai kalangan pelaku pembangunan di Aceh. Selain itu, Kepala Bappeda Aceh juga menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh saat ini ingin mengubah paradigma pembangunan yaitu tidak ingin membuat perencanaan yang keliru, tidak bermanfaat dan memberi dampak dan telah menetapkan tagline “Perencanaan berkualitas dan tepat waktu” serta meninggalkan kebiasaan dan mindset kurang baik yang selama ini lazim dilakukan.


 
Terkait dengan usulan rekomendasi yang disampaikan oleh BI Perwakilan Aceh, Azhari meminta kepada SKPA terkait untuk mempelajari dan menelaah rekomendasi tersebut dan jika ada gap yang belum dianggarkan dalam rencana kerja 2020 untuk dipelajari apakah memungkinkan untuk dimasukkan dalam penganggaran kedepannya. (RAV)