Jalan Lingkar Pendukung Destinasi Wisata Sabang

 “Pemerintah akan membangun jalan lingkar di Pulau Weh, sehingga potensi wisata akan benar-benar bisa memberi manfaat bagi perekonomian warga.”
-- Ir Iskandar MSc --
Staf Khusus Gubernur Aceh
 

Menyandang status destinasi wisata halal di Indonesia, mengharuskan Aceh melakukan pembenahan terhadap semua fasilitas pendukung pariwisata. Tidak terkecuali infrastruktur, yang menjadi hal utama penunjang destinasi wisata.

Satu dari sekian banyak destinasi yang kini terus dibenahi adalah Pulau Weh alias Kota Sabang. Staf Khusus Gubernur Aceh, Ir Iskandar MSc, mengatakan kini pemerintah akan melakukan peremajaan dan perbaikan infrastruktur jalan di Kota Sabang, demi menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata yang lebih komplit dari paripurna.

Adapun prioritas pembangunan infrastruktur jalan dalam rangka pencapaian prioritas RPJM Kota Sabang adalah pengembangan pariwisata berbasis kearifan lokal, dan pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan infrastruktur dasar, konektivitas, dan pengembangan wilayah strategis. “Untuk ini pemerintah akan membangun jalan lingkar di Pulau Weh, sehingga potensi wisata akan benar-benar bisa memberi manfaat bagi perekonomian warga,” jelas Iskandar.

Adapun prioritas infrastruktur jalan yang segera dilakukan adalah pembangunan jalan alternatif tanjakan semen (dana APBN). Jalan ini menghubungkan Pelabuhan Balohan ke pusat kota, kawasan wisata Sumur Tiga, kawasan wisata Gapang, dan kawasan wisata Iboih.

“Selama ini kan melewati tanjakan yang melebihi 12% dengan panjang 1 kilometer, dan  lumayan sulit dilalui. Dengan dibangunnya jalan alternatif ini akan lebih memudahkan mobilisasi warga. Pemandangan yang disajikan di sepanjang jalan juga akan menjadi kawasan pengembangan wisata yang baru,” sebut pria yang sebelumnya pernah malang melintang di lembaga investasi daerah ini.

Prioritas selanjutnya adalah peningkatan jalan menjadi dua jalur pada ruas jalan Balohan-Pusat Kota Km 3 hingga Km 5 tepatnya di Gampong Cot Abeuk (dana APBN), pembangunan jalan Ujong Murong-Gapang (dana APBN), pembangunan jalan Balohan-Ujong Seukee, pembangunan jalan Ie Meulee-Anoi Itam-Ujung Seukee, dan pembangunan jalan Balohan-Jaboi.

Potensi kota sabang sebagai KSPN prioritas yang menjadi destinasi andalan wisata Aceh dapat lebih meningkat dengan pembangunan/peningkatan infrastruktur jalan disamping sebagai prasarana penunjang Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas Sabang. Harapan terbesar kepada Pemerintah Pusat melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) di Aceh agar rencana penanganan jalan yang menjadi prioritas Kota Sabang dapat direalisasikan secara tuntas dan menyeluruh.(Yayan)