DISEMINASI INDEKS PEMBANGUNAN EKONOMI INKLUSIF

Selasa, 07 Januari 2020. Pemerintah Aceh melalui BAPPEDA bekerjasama dengan BAPPENAS dan  SMERU menyelenggarakan kegiatan “Diseminasi Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif” dengan tema Menuju Pembangunan Ekonomi Aceh Yang Lebih Inklusif” di Kyriad Hotel, Banda Aceh. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BAPPEDA Aceh, Ir. Helvizar, M.Si mewakili Pemerintah Aceh. Dalam arahan singkatnya beliau menegaskan pentingnya forum ini mengingat pemerintah daerah memiliki peran yang sangat penting dalam proses perencanaan dan pengimplementasian kebijakan pembangunan.

Pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan telah menjadi agenda utama pembangunan ekonomi Indonesia yang secara resmi tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional lima tahun ke depan (RPJMN 2020-2024) dan sejalan dengan RPJM Aceh 2018-2022. Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif dibangun dari sebuah konsep mengenai pembangunan ekonomi yang menyeluruh, yang tidak hanya tumbuh tinggi namun juga manfaat dari pertumbuhannya dapat dirasakan semua lapisan masyarakat. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dan pakar dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh.

 

Melalui dialog ini Kepala BAPPEDA mengharapkan adanya pertukaran informasi praktik baik, dan pengalaman antara pembuat kebijakan dengan para peneliti, pelaku pembangunan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendapat masukan terkait penyusunan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan ekonomi yang inklusif khususnya di Aceh.