WORKSHOP PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UNTUK PERENCANAAN BERBASIS DATA DAN BUKTI

Banda Aceh - Workshop Penelitian dan Pengembangan Untuk Perencanaan Berbasis Data dan Bukti yang bertempat di Bappeda Aceh pada hari Kamis tanggal 01 Maret 2018 bertemakan "Memperkuat Strategi Kelitbangan Aceh Menuju Aceh Hebat" dihadiri oleh sejumlah Kepala Dinas dari unsur Pemerintah Aceh, peneliti dari Balai Pengkajian dan Balai Riset, unsur Lembaga Riset, unsur dunia industri yang ada di Aceh, unsur LSM, unsur Lembaga Donor dan juga Unsur Media Cetak berlangsung penuh khitmad dan suasana hangat.

Penelitian yang dilakukan oleh dunia kampus maupun Litbang SKPA kerap tidak dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan pembangunan. Padahal telah diamanatkan bahwa kelitbangan dapat difungsikan dalam menunjang urusan Pemerintah.

Isu kemiskinan, pengangguran, ketahanan pangan serta rendahnya kualitas pendidikan dan kesehatan menjadi sejumlah isu-isu strategis dalam pembangunan di Aceh. Isu-isu ini harus dapat diatasi untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya oleh kebijakan Pemerintah.  Kepala Bidang Litbang Bappeda Aceh Dr. Ir. Ema Elimina, MP mengakui jika selama ini banyak hasil penelitian baik yang dihasilkan oleh Bappeda Aceh atau SKPA, para peneliti di kampus dan para peneliti dari lembaga riset belum sepenuhnya dimanfaatkan pihak penyusunan RPJM maupun kebijakan lainnya. Ibu Ema Elimina juga mengharapkan agar fungsi kelitbangan ke depan yang melibatkan semua stakeholder agar bisa dimanfaatkan.

Penyelenggaraan workshop penelitian dan pengembangan ini disambut baik oleh para peneliti dari berbagai lembaga. Para peserta berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi jembatan terbangunnya hubungan yang sinergis antara para peneliti dengan Pemerintah. Sebab fakta yang terjadi selama ini adalah belum adanya kesinambungan antara rekomendasi penelitian dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Salah satu peneliti yang hadir sebagai peserta workshop Bapak Marzi Africo menyatakan bahwa sejak tahun 2009 peneliti sudah menghasilkan sejumlah karya atau kajian tetapi belum terkomunikasikan dengan baik kepada Pemerintah.

Workshop Penelitian dan Pengembangan Bappeda Aceh diharapkan dapat mendukung terwujudkan misi Aceh Hebat melalui prinsip perencanaan pembangunan berbasis data dan fakta evidence base planning. (SUMBER: TIM LIPUTAN TVRI ACEH, TA)