PEMERINTAH ACEH MULAI BAHAS RENCANA PEMBANGUNAN 2020

“Urgensi kegiatan Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrenbang) merupakan rangkaian dari Pra Musrenbang untuk mewujudkan Musrenbang yang berkualitas demi terwujudnya APBA yang berkualitas,”

-- Azhari Hasan --

Kepala Bappeda Aceh

Pemerintah Aceh mulai membahas rencana pembangunan Aceh tahun 2020. Kegiatan diawali dengan rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrenbang) Aceh sebagai milestone APBA 2020 yang berlangsung di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Kamis (25/10/2018) lalu. Rangkaian kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran SKPA lingkup Pemerintah Aceh.

Menurut Kepala Bappeda Aceh, Azhari Hasan SE, M.Si, Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kartekrenbang) tersebut dilaksanakan sebagai tahapan awal perencanaan pembangunan Aceh tahun 2020, agar tepat waktu dan berkualitas berdasarkan evidence based planning atau perencanaan berdasarkan data dan fakta.  “Kita identifikasi usulan program/kegiatan SKPA dan usulan Pemerintah kabupaten/kota sejak dini, agar setiap program kegiatan terencana dengan baik,” terang Azhari Hasan.

 “Urgensi Kortekrenbang merupakan rangkaian dari Pra Musrenbang untuk mewujudkan Musrenbang yang berkualitas demi terwujudnya APBA yang berkualitas,” sambung mantan Asisten II Sekda Aceh ini.

Melalui kegiatan sosialisasi dan koordinasi sejak dini, ungkap Azhari, semua unsur terkait memiliki persepsi yang sama dalam mengidentifikasikan program (kegiatan) prioritas yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi maupun kewenangan Kabupaten/Kota. Selain itu, Pemerintah Aceh ingin memastikan bahwa program kegiatan yang diusulkan tahun 2020 sesuai peraturan perundang-undangan. “Kita ingin menyamakan persepsi antara Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Kabupaten/Kota mengenai berbagai program atau kegiatan yang perlu dilaksakan pada tahun 2020,” ungkap Azhari Hasan.

Adapun output yag diharapkan dari kegiatan Kortekrenbang, kata Azhari, adalah tersusunnya program, kegiatan, subkegiatan (proyek) provinsi Aceh dan Kabupaten/Kota dalam rangka pencapaian target pembangunan Aceh Tahun 2020. Selainnya juga untuk terwujudnya komitmen bersama antara Pemerintah Aceh dengan Kabupaten/Kota dalam mendukung prioritas pembangunan Aceh Tahun 2020 penyelarasan sasaran pembangunan. “Dan poin penting lainnya adalah agar tersusunnya daftar usulan program, kegiatan dan proyek prioritas provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2020 berdasarkan pendekatan evidence based planning dan money follow program.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Data dan informasi Kewilayahan dan Kawan Kementerian PPN/Bappenas, Yudianto, ST., MT dalam sambutannya menyampaikan, untuk mencapai target pembangunan nasional dan provinsi, perlu dilakukan koordinasi teknis perencanaan pembangunan antara Provinsi dan Kabupaten/kota. “Koordinasi teknis pembangunan yang dilakukan adalah tahap perencanaan pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah,” kata Yudianto.

Yudianto berharap, kegiatan sosialisasi tersebut dapat membawa perubahan dalam konteks perencanaan pembanguan yang lebih baik sehingga setiap program/kegiatan yang di usulkan berkualitas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. [rd]