DATA LAHAN AKAN MEMAKSIMALKAN POTENSI ACEH

“Adanya data sumber daya lahan ini, sudah memadai untuk merumuskan kebijakan pembangunan sektor pertanian dan sektor-sektor lainnya."
-- Dr. Ir. Ema Alemina, MP --
Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Aceh

Data sumber daya lahan, berupa peta tanah, peta kesesuaian lahan, dan peta arah komoditas, merupakan data yang dapat dipakai sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan. Data ini juga menjadi penguat kebijakan perencanaan berdasarkan bukti atau evidence based planning yang kini dipandang penting dalam perencanaan berkualitas.

Untuk melengkapi kebutuhan akan data sumber daya lahan ini, Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Kementerian Pertanian RI telah menyelesaikan pembuatan data sumber daya lahan. Data ini berupa peta tanah, peta kesesuaian lahan, dan peta arah komoditas.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Aceh, Dr. Ir. Ema Alemina, MP pada kegiatan Bimtek Pemanfaatan Peta Kesesuaian Lahan dan Rekomendasi Pengelolaan  Lahan di Banda Aceh, Kamis, 30 Agustus 2018, mengemukakan, hasil rekomendasi pemetaan ini akan menjadi dasar menentukan kecocokan penggunaan lahan dan untuk membuat perencanaan berbasis bukti atau evidence based planning. Adanya data sumber daya lahan ini, sudah memadai untuk merumuskan kebijakan pembangunan sektor pertanian dan sektor-sektor lainnya.

Ema Alemina mangatakan Aceh memiliki kawasan yang luas dan garis pantai yang panjang. Demikian pula dengan topografinya, mulai dari yang datar dan landau, hingga bergunung serta memiliki kawasan hutan lindung.

Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki, Aceh perlu didukung oleh data dan informasi sumber daya lahan, sebagai dasar regulasi bagi semua pemegang kebijakan. Melalui referensi dan hasil pemetaan sumber daya lahan ini, dapat memberi masukan memadai yang nantinya akan menjadi regulasi bagi pengambil kebijakan, serta regulasi agar penyalahgunaan lahan dapat diminimalisir dalam rangka pembangunan berkelanjutan di Aceh.

Sementara kepala Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Prof Dedi Nursyamsi, menjelaskan peran penting data dan informasi sumber daya lahan untuk pembangunan pertanian dan untuk sektor-sektor lainnya. Beberapa peran penting dari data sumberdaya lahan lainnya yaitu, sebagai pendukung terhadap Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B), serta dalam memberikan informasi kesesuaian lahan sehingga dapat dikembangkan komoditas yang cocok di lahan tersebut.

Kegiatan kegiatan Bimtek Pemanfaatan Peta Kesesuaian Lahan dan Rekomendasi Pengelolaan Lahan ini menghadirkan narasumber Dr. Ir. Erna Suryani, M.Si, Ir. Anny Mulyani, MS, Adang Hamdani SP, MSi, dan Hanifah Nurul ‘Arsy. Para narasumber membahas teknis cara memahami, membaca peta, rekomendasi pengelolaan lahan, penjelasan potensi pengembangan infrastruktur panen air, serta sosialisasi akses data sumberdaya lahan melalui internet.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan peta tanah, peta kesesuaian lahan komoditas strategis pertanian, peta arahan komoditas, buku rekomendasi pengelolaan lahan, serta data-data soft file kepada 18 kabupaten dan 5 kota di Aceh, Bappeda, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan, serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh.(Cut Nurmarita)