Saturday, August 23, 2014
   
Text Size

Site Search powered by Ajax

LAUNCHING PUSAT DATA DAN INFORMASI (PUSDATIN) BAPPEDA ACEH

Banda Aceh, Sabtu (10/12/11), Peresmian “Pusat Data dan Infromasi BAPPEDA Aceh” yang dilaksanakan  di Kantor Bappeda Aceh dihadiri oleh Kepala Kepala Bappeda Aceh, seluruh Kepala Dinas dijajaran Pemerintah Aceh, Kepala Bappeda Se provinsi Aceh, Para pejabat di Lingkungan Bappeda serta para mantan pejabat Bappeda Aceh yang dibuka langsung oleh Ir. Iskandar, M.Sc selaku Kepala Bappeda.

Peresmian PUSDATIN ini merupakan bentuk kepedulian BAPPEDA Aceh terhadap eksistensi “informasi dan data”. Sebagaimana diketahui bahwa informasi merupakan wujud keterbukaan informasi public yang telah diundang undagkan melalui Undang-UndangNomor 14 tahun 2008. Konsep satu data yang ingin diterapkan adalah untuk menjamin terciptanya sistem penyimpanan data terpadu dan terintegrasi sehingga mengurangi ketergantungan kepada perseorangan, mengoptimalkan pertukaran informasi dan akses data mandiri maka terciptalah sumber data dan informasi yang optimal  dari semua bidang untuk meraih mimpi BAPPEDA sebagai pusat integrasi perencanaan.

Kepala Bappeda Aceh, Ir Iskandar, M.Sc, saat membacakan pidato Sekretaris Daerah Aceh, mengungkapkan kebanggannya terhadap Indonesia yang menjadi salah satu dari 50 negara yang telah mempunyai undang undang kebebasan terhadap informasi. Hal ini dapat menjadi dasar bagi kita semua untuk menciptakan transparansi atas setiap informasi yang beredar dalam masyarakat sehingga masyarakat pun dapat ambil andil secara proaktif mengontrol langkah, kebijakan serta progress pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Beliau juga menambahkan bahwa peresmian PUSDATIN ini bertujuan untuk (1) menciptakan mekanisme sistem penyimpanan data terpadu dan terintegrasi (2) meminimalisir ketergantungan kepada perseorangan (3) mengoptimalkan pertukaran informasi/dfata di semua bidang di Bappeda (4) Terciptanya sistem pengeluaran informasi/data satu pintu (5) menyediakan “kios informasi” yang memberikan akses dan pelayanan kepada public untuk mengambil dan mencari data secara mandiri dan (6) teriptanya sumber data dan informasi yang optimal di website bappeda berdasarkan produk yang diciptakan oleh bidang bidang secara berkala.

Peresmian Pusat Data dan Infromasi ini juga merupakan salah satu produk informasi  pasca resmi nya AGDC (Aceh Geospasial Data Centre) masuk ke dalam struktur di BAPPEDA Aceh pada tahun 2010 yang menjadi the best step atau langkah baik pemerintah Aceh dalam meningkatkan citra Aceh dalam era keterbukaan infromasi public.

Pada akhir pidatonya, Kepala Bappeda menyampaikan terima kasih kepada semua instansi /lembaga donor yang telah mensupport pengelolaan informasi di bappeda yang berkualitas, sehingga pada akhir nya diharapkan dapat terciptanya pelayanan informasi secara mudah, cepat dan hemat biaya serta diharapkan dapat terwujudnya kinerja badan public yang transparan, efektif, efisien  dan akuntabel..

Office: Jl. Tgk. H. Mohd. Daud Beureu-eh No.26 Banda Aceh kodepos 23121
Telepon: (0651) 21440 Fax: (0651) 33654 Email: Bappeda[at]acehprov.go.id
Copyright © 2010 Bappeda Aceh. All right reserved.
 

Login Form