Kabupaten Pidie Laksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2022

Kabupaten Pidie (17/3/2021), Kepala Bappeda Aceh yang diwakili oleh bapak Ir. Alamsyah, MM selaku Sekretaris Bappeda Aceh menghadiri Acara Pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pidie Tahun Anggaran 2022. Acara bertempat di Opproom Kantor Bupati Kabupaten Pidie.

Acara dibuka oleh Bapak Fadhlullah T.M. Daud, ST selaku wakil bupati Kabupaten Pidie. Beliau meyampaikan Penyusunan RKPD Kabupaten Pidie tahun 2022 merupakan langkah strategis dan merupakan rangkaian terencana dari upaya membangun fundamental ekonomi daerah yang kuat berbasis ketahanan pangan dan peningkatan produktivitas sektor unggulan. Melihat hasil pembangunan yang telah dicapai, isu strategis pembangunan yang berkembang dan sasaran dalam RPJMD Kabupaten Pidie, maka Rancangan RKPD Kabupaten Pidie tahun 2022 mengangkat tema “Pemantapan Kualitas Pembangunan yang Partisipatif untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Beliau juga menyampaikan APBK tepat waktu dan mempersiapakan diri dalam menyambut acara pekan olahraga Aceh.

Kepala Bappeda Kabupaten Pidie, Muhammad Ridha, S.Sos, menyampaikan prioritas pembangunan tahun 2022 yaitu (1) mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan; (2) peningkatan infrastruktur terintegrasi; (3) peningkatan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah; (4) peningkatan pelayanan kesehatan; (5) peningkatan dinul islam; (6) pemulihan kehidupan sosial ekonomi masyarakat; (7) pengelolaan SDA dan kewaspadaan bencana; dan (8) reformasi birokrasi.

Dilihat dari indikator makro, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pidie sebesar minus 0.14 persen, TPT sebesar 6.45 persen, IPM sebesar 70.63 persen dan persentase penduduk miskin sebesar 19.23 persen pada tahun 2020. Namun Kabupaten Pidie juga menargetkan pembangunan tahun 2022 yaitu pertumbuhan ekonomi sebesar 4.00 persen, TPT sebesar 7.76 persen, IPM sebesar 70.97 persen dan Tingkat kemiskinan sebesar 18.85 persen, ujar Muhammad Ridha.

Arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pidie Tahun 2022 adalah meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan produktivitas budidaya pertanian rakyat dan UMKM, peningkatan mutu dan daya saing pendidikan, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, peningkatan/pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dan penataan ruang, penguatan pelaksanaan syariat islam, penataan dan peningkatan kapasitas aparatur, peningkatan kualitas pemuda dan prestasi olahraga, dan penanggulangan kerawanan bencana dan pengelolaan lingkungan. Sasaran pembangunan tahun 2022 yaitu memacu pertumbuhan dan trasformasi ekonomi, mempercepat pengentasan kemiskinan, menekan tingkat pengangguran, emingkatkan pembangunan sumber daya manusia, dan memperbaiki pemerataan pembangunan.

Musrenbang Kabupaten Pidie dihadiri oleh seluruh unsur pemangku kepentingan yang terdiri dari Unsur anggota DPRK, SKPK di lingkungan Pemerintah Kaupaten Pidie, Perwakilan Kecamatan, perguruan tinggi, perbankan, tokoh masyarakat, oganisasi pemuda, insan pers dan lembaga sosail masyarakat.