Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022

Kabupaten Aceh Barat (25/3/2021), Kepala Bappeda T. Ahmad Dadek, SH, MH, menghadiri Acara Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022, bertempat di Aula Lt. II Bappeda Kabupaten Aceh Barat.

Acara dibuka oleh Bupati Kabupaten Aceh Barat, H. Ramli, MS. Beliau menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian akhir pelaksanaan musrenbang yang sudah dimulai dari musrenbang di tingkat gampong pada akhir Desember s.d awal Januari yang lalu.  Musrenbang di tingkat kecamatan yang dimulai tanggal 15 Februari s.d 4 Maret tahun 2021 dan forum SKPK pada tanggal 17 Maret 2021 yang menghasilkan usulan-usulan prioritas masyarakat yang akan dikolaborasi dengan prioritas program dan kegiatan di masing-masing organisasi perangkat daerah.

Pelaksanaan musrenbang hari ini merupakan agenda utama untuk menyempurnakan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, yang didalamnya memuat pencapaian dan target indikator makro daerah yakni pertumbuhan angka ekonomi, penurunan angka kemiskinan, peningkayan indeks pembangunan manusia yang semua indikator tersebut sudah diukur dengan harapan pada tahun 2022 dapat tercapai.

Tema musrenbang Kabupaten Aceh Barat tahun 2022 adalah “Optimalisasi Peran Semua Pihak Dalam Rangka Pemantapan Syariat Islam dan Pembangunan Infrastruktur, serta Menjaga Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi”. Fokus pembanguna tahun 2022, diarahkan pada : (1) pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas dayah; (2) pemantapan infrastruktur perkotaan dan perdesaan; dan (3) pembangunan lainnya untuk menunjang ketahanan nasional dan ketahanan ekonomi.

Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Barat menyampaikan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022 merupakan rangkain tahapan dalam penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022 sesuai dengan amanat dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. D`asar hukum pelaksanaan yaitu Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancanfan Peraturan Daerah  tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, TPJMD dan RKPD.

Tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022 adalah guna membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang terintegrasi dengan Prioritas dan Tema Pembangunan Daerah Tahun 2022

Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Barat tahun 2022 ini juga diharapkan menjadi wadah untuk melakukan koordinasi, sinergi dan harmonisasi dengan Perangkat Daerah dan Para Pemangku Kepentingan dalam Penyusunan RKPD yang sesuai dengan visi-misi Bupati Aceh Barat yang tertuang dalam P-RPJM Kabupaten Aceh Barat Tahun 2017-2022.

Peserta yang hadir yaitu unsur forkopimda Kabupaten Aceh Barat, Bupati Nagan Raya dan Aceh Jaya, Ketua Komis DPRK Kabupaten Aceh Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Kepala Bappeda Aceh, Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Badan DAN Kantor Kabupaten Aceh Barat, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Instansi Vertikal Kabupaten Aceh Barat, Tim Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Barat (TP2K), dan Pimpinan Perusahaan, Akademisi, LSK dan Ormas dalam Kabupaten Aceh Barat.