Bappeda Aceh melakukan safari Ramadhan 1442 H

Bappeda Aceh melakukan safari Ramadhan 1442 H di Masjid Asyura Seuneubok – Kec. Johan Pahlawan -Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Sabtu malam, 17 April 2021. Safari Ramadhan kali ini tidak hanya diisi dengan tausiah, dan berbuka puasa bersama. Namun juga diisi dengan ragam kegiatan sosial yang memberi manfaat bagi kepentingan masyarakat.


Acara yang berlangsung secara serentak di 54 Masjid yang tersebar di 23 kabupaten/kota di seluruh Aceh ini bertemakan Gerakan Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH) dan Gerakan Edukasi Vaksin Covid-19 (GESID). Hal ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang sudah lebih setahun melanda penjuru negeri, perlu mendapat perhatian semua pihak. Upaya penanggulangannya tidak boleh hanya diharapkan pada pemerintah saja. Namun masyarakat juga harus ikut berperan serta, salah satu caranya adalah mengikuti  himbauan pemerintah.


Pimpinan Pondok Pesantren Baabul  Maghfirah Aceh Besar Ustad H.Masrul Aidi, Lc. MA sebagai Penceramah dan bagian dari Tim Safari Ramadhan Bappeda Aceh, menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan (thaharah) di bulan Ramadhan, menjaga kebersihan yang tidak hanya pada kebersihan badan namun juga menjaga kebersihan lisan, seperti tidak berkata bohong dan juga fitnah. Kepada para jamaah juga dihimbau untuk tidak mendengarkan dan menyebarkan kabar bohong (hoax).


Rangkaian kegiatan berupa gotong royong dan penanaman pohon di lingkungan masjid merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kebersihan dan keindahan. Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan beribadah para jamaah. Bulan Ramadhan adalah momentum mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, berbagai amalan bisa dilakukan. Termasuk membersihkan lingkungan masjid.


Dalam kesempatan ini Kepala Bappeda Aceh H. T. Ahmad Dadek, SH., MH. menyerahkan bantuan untuk Masjid dan juga santunan untuk anak yatim, dan juga penyerahan pohon mangga dan buah-buahan lainnya untuk penghijauan sekitar masjid yang diterima oleh Nazaruddin, Keuchik Seunebok Johan Pahlawan. Kegiatan ini merupakan kerjasama berbagai pihak yang terlibat seperti Camat Johan Pahlawan, Tgk. Sofyan Yusuf (Imam Masjid), T. Kamarisal (Kepala SMA N 1 Meulaboh) , Keuchik Gampong Seuneubok, Desi Resita (Kepala Puskesmas Johan Pahlawan. Semoga puasa kita tahun ini menjadi lebih baik dan lebih bermakna.