Workshop Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)

Banda Aceh (27/4/2021) -  Kepala Bappeda Aceh, T. Ahmad Dadek, SH, MH membuka acara Wokrshop Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam rangka Mendukung Keselarasan dengan Prioritas Nasional, yang dilaksanakan oleh bidang program dan pendanaan pembangunan Bappeda Aceh. Acara berlangsung selama 2 (dua) hari, dari tanggal 27-28 April 2021 bertempat di hotel hermes palace Banda Aceh. Peserta pada acara tersebut terdiri unsur bappeda 23 kabupaten/kota dan unsur kabid dan kasubbid di lingkup Bappeda Aceh.

T. Ahmad Dadek menyampaikan RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka ekonomidaerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RKP dan program strategis nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Sesuai arahan menteri dalam negeri yang disampaikan pada musrenbang RKPA 2022 maka dalam penyusunan RKPD 2022 harus memperhatikan: (1) substansi perencanan harus mempertimbangkan penanganan dampak covid-19 dan pemulihan ekonomi (2) hasil pengendalian dan evaluasi 2 tahun terakhir harus menjadi acuan dalam penyusunan kebijakan perencanaan pembangunan daerah dalam RKPD 2022, dan (3) memperhatikan regulasi terbaru seperti PP nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, PP nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaran pemerintah daerah, Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang SIPD dan Permendagri nomor 90 nomor 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah dan Kepmendagri nomor 050-3708 tentang hasil verifikasi dan validasi pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Kepala bappeda juga mengucapkan selamat kepada Kota Banda Aceh yang telah berhasil masuk ke babak kedua (17 besar) kategori Kota dan Kabupaten Aceh Barat yang telah berhasil masuk dalam 10 besar kategori Kabupaten dalam penyelenggaraan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021 dan juga berharap semoga Kabupaten Aceh Barat dapat menjadi yang terbaik di tingkat Nasional

Nasarumber yang mengisi acara tersebut yaitu: (1) Direktur Perencanaan Evalusai dan Informasi, Pemda Kementerian Dalam Negeri dengan judul Singkronisasi Perencanaan Pusat dan Daerah, (2) Kementerian PPN/Bappenas RI membahas tentang Metode Penyusunan Dokumen Perencanaan Melalui Pendekatan THIS untuk Singkronisasi Antar RKP dengan RKPD tahun 2022, (3) Kepala Bappeda Kab. Temanggung, sharing Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Temanggung, (4) Kepala Bappeda Semarang, Sharing Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Kota Semarang Tahun 2021.